Teknik Memijat Ibu Hamil yang Aman tanpa menimbulkan Kontraksi

Diposting pada

Teknik Memijat Ibu Hamil – Memijat ibu hamil memang sebuah hal yang sulit dilakukan untuk ibu hamil yang baru saja mengalami kehamilan pertama. Pemijatan ibu hamil memerlukan teknik khusus dan tidak boleh mengabaikan kandungan. Apabila Anda salah dalam memijat saat kondisi hamil kemungkinan akan mempengaruhi janin Anda menjadi berubah posisi atau mengalami kelainan. Diperlukan teknik dan perlakuan khusus dalam memijat ibu hamil. Berikut adalah teknik memijat ibu hamil yang perlu diperhatikan oleh Anda yang belum berpengalaman, antara lain:

Hindari Bagian Perut, Pinggang, dan Pinggul

Perut, pinggang, dan pinggul merupakan bagian yang sangat mempengaruhi janin pada saat kehamilan berlangsung. Bagian ini sangat sensitif dan berpengaruh langsung terhadap janin.untuk Anda yang akan melakukan pijat pada saat hamil diminta untuk menghindari daerah ini.

Tidak Melakukan Pijatan Refleksi

Refleksi sangat tidak dianjurkan oleh dokter dalam saat melakukan pijatan pada saat ibu hamil. Refleksi dapat menimbulkan kontraksi pada ibu hamil. Apabila terjadi kontraksi sebaiknya pemijatan dihentikan karena sangat berbahaya terutama bagi para ibu hamil dengan usia kandungan yang masih muda.

Teknik Memijat Ibu Hamil

Dilakukan Dengan Posisi Terlentang atau Duduk

Posisi terlentantang atau duduk sangat disarankan dalam proses pemijatan pada ibu hamil. Posisi ini dinilai sangat aman bagi janin. Posisi ini juga mampu menambah relaksasi yang dilakukan oleh ibu hamil pada saat pemijatan.

Dilakukan oleh Terapis yang Berpengalaman

Apabila Anda belum terlatih memijat saat kondisi hamil sebaiknya pilihlah terapis yang berpengalaman. Pemijatan pada ibu hamil sebaiknya dilakukan oleh terapis yang berpengalaman dan mengerti tentang teknik pemijatan bagi ibu hamil. Pemijatan bagi ibu hamil tidak boleh dilakukan secara asal-asalan sebab dapat mempengaruhi kesehatan dan posisi janin dalam kandungan. Ini merupakan suatu masalah besar apabila pemijatan yang Anda lakukan ternyata menimbulkan efek negatif bagi kandungan Anda.

Demikianlah beberapa Teknik Memijat Ibu Hamil yang harus Anda perhatikan agar kesehatan janin Anda tidak terganggu dengan pemijatan yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.